Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )
Sekolah : MTsN Karangmojo 1
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : VIII / I (gasal)
Standar Kompetensi :
2. Memahami
sistem persamaan linear
dua variabel dan menggunakannya dalam pemecahan
masalah.
Kompetensi Dasar :
2.2
Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem
persamaan linear dua variabel.
2.3 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya.
Indikator :
2.2.1
Membuat model matematika dari masalah
sehari – hari yang berkaitan dengan SPLDV.
2.3.1 Menyelesaikan model matematika dari masalah
yang berkaitan dengan SPLDV dan penafsirannya.
Alokasi Waktu :
2 X 40 menit
I.
Tujuan
Pembelajaran
·
Siswa
dapat mengubah masalah sehari – hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV.
·
Siswa
dapat mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model matematika
berbentuk SPLDV.
II.
Materi Pembelajaran
A. Membuat Model Matematika Dari
Masalah yang Berkaitan dengan SPLDV
Dalam memenuhi
kebutuhan sehari – hari kita dapat menghitung dari masing – masing kebutuhan
dengan cara yang mudah apabila diketahui kuantits barang dan nilai keseluruhan
dari beberapa macam barang tersebut, dengan mengganti harga barang kebutuhan
dengan variabel tertentu dapat diperoleh sebuah persamaan matematika.
Contoh :
Ani membeli 3 buah buku dan 2 pensil dengan harga Rp 11.000,00. Rani
membeli 2 buah buku dan 3 pensil pada toko yang sama dengan harga Rp 10.250,00.
Tunjukkan persamaan dengan mengganti variabel harga pada buku dan pensil !
Jawab :
Misal harga buku : a
harga pensil : b
Model matematika :
B. Menyelesaikan Model Matematika dari Masalah yang Berkaitan dengan SPLDV
Masalah sehari – hari dalam matematika adalah soal cerita yang berkaitan
dengan SPLDV. Dalam mencari himpunan penyelesaian dari soal cerita dibuat model
matematika SPLDV. Kemudian diselesaikan sehingga diperoleh penyelesaiannya.
Contoh :
Selisih dua bilangan adalah 20 dan dua kali bilangan pertama ditambah
tiga kali bilangan kedua adalah 100. Tentukan nilai kedua bilangan itu !
Jawab :
Misalkan bilangan pertama : x
bilangan kedua : y
sehingga
20
Nilai
disubstitusikan ke
2
2
Nilai
disubstitusikan ke
Jadi, kedua bilangan itu adalah 32 dan 12.
III.
Metode
Pembelajaran
Diskusi
Kelompok ( STAD – Student Teams Achievement of Divisions )
IV.
Langkah
– Langkah Pembelajaran
Pendahuluan ( 10 menit )
·
Apersepsi
: Mengingat
kembali PLDV dan SPLDV.
·
Motivasi :
Dengan mempelajari materi ini maka siswa dapat
mengubah dan menyelesaikan masalah sehari – hari yang berbentuk SPLDV.
Kegiatan Inti ( 60 menit )
1. Guru membentuk kelompok secara
heterogen.( 2 menit )
2. Guru menyajikan materi pelajaran (20
menit ).
3. Guru memberi tugas kepada kelompok
untuk dikerjakan oleh anggota – anggota kelompok. Anggota yang sudah mengerti
menjelaskan pada anggota lain sampai semua mengerti. (15 menit )
4. Guru member kuis / pertanyaan kepada
seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu. (15 menit )
5. Guru memberikan evaluasi. ( 8 menit
)
Penutup ( 10 menit )
Guru
memberikan kesimpulan
V.
Alat /
Media dan Sumber Belajar
Alat / Media :
1. Buku Paket
2. Penggaris
3. Papan Tulis
4. LKS
5. Spidol dan Bolpoin
Sumber Belajar
Adinawan, M Cholik.2008.SeribuPena
Matematika.Jakarta:Erlangga.
Mujiono.2005.Matematika.Surakarta:Grahadi.
Salamah, Umi.2005.Membangun
Kompetensi Matematika 2.Solo:Jatra Grafik.
VI.
Penilaian
1. Teknik : Tes Tertulis
2. Bentuk : Uraian
Instrumen penilaian soal dan kunci jawaban
No.
|
Soal dan Kunci Jawaban
|
SKOR
|
PK
|
P&K
|
PM
|
|
1.
2.
3.
|
Ibu membeli
3 kg gula pasir dan 2 kg telur seharga Rp 25.700,00. Untuk 2 kg gula pasir
dan 4 kg telur Ibu harus membayar Rp 35.800,00. Berapakah Ibu harus membayar
2 kg gula pasir dan 2 kg telur ?
Jawab :
Misalkan harga 1 kg gula
pasir : x
harga 1 kg telur : y
sehingga
Nilai
disubstitusikan ke
Jadi, untuk
2 kg gula pasir dan 2 kg telur ibu harus membayar Rp 21.800,00
Selisih
umur ayah dan anak adalah 24 tahun. Setelah 8 tahun umur ayah 3 kali dari
umur anaknya. Berapa umur masing – masing ?
Jawab :
Misalkan umur ayah : x
umur anak : y
sehingga
Nilai
disubstitusikan ke
Nilai
disubstitusikan ke
Jadi, umur
ayah adalah 28 tahun dan umur anak adalah 4 tahun.
Keliling
persegi panjang adalah 72 cm. Jika panjangnya 4 cm lebihnya dari lebar, maka
berapa panjang dan lebar persegi panjang itu?
Jawab :
Misalkan panjang : p
lebar : l
sehingga
Nilai
disubstitusikan ke
Jadi, panjang
dan lebar persegi panjang masing – masing adalah 20 cm dan 16 cm
|
2
2
4
2
2
2
4
2
2
2
4
2
|
||||
Jumlah
|
30
|
Nilai Akhir =
Mengetahui, Barat,
08 Nopember 2010
Guru Pamong Guru
Praktikan
Kumala Dewi, S.Pd. Swasti Maharani
NIP. 19771012 200501 2 004 NPM.
07411 216
Ciee cagur (baca:calon guru) haha
BalasHapusiseng tu pil...hahaha
BalasHapusmaaf baru bales,, baru buka aq
How to Play Baccarat - Free Online Casino Game - FEBCASINO
BalasHapusPlaying Baccarat Online is all about winning, and it's the only way 바카라사이트 to win real money at 메리트카지노총판 online 메리트 카지노 casinos. Learn the rules and play for real money at FEBCASINO.