Kamis, 24 November 2011

RPP Sistem Persamaan Linear Dua Variabel


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( RPP )

Sekolah                       :  MTsN Karangmojo 1
Mata Pelajaran            :  Matematika
Kelas / Semester          :   VIII / I (gasal)

Standar Kompetensi :
2.  Memahami sistem persamaan linear dua variabel dan menggunakannya dalam  pemecahan masalah.
Kompetensi Dasar :
     2.2  Membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel.
2.3  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan sistem persamaan linear dua variabel dan penafsirannya.
Indikator :
            2.2.1  Membuat model matematika dari masalah sehari – hari yang berkaitan dengan SPLDV.
            2.3.1  Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan SPLDV dan penafsirannya.  
Alokasi Waktu :
2 X 40 menit

I.                   Tujuan Pembelajaran
·         Siswa dapat mengubah masalah sehari – hari ke dalam model matematika berbentuk SPLDV.
·         Siswa dapat mencari penyelesaian suatu masalah yang dinyatakan dalam model matematika berbentuk SPLDV.

II.                Materi Pembelajaran
A.    Membuat  Model Matematika Dari Masalah yang Berkaitan dengan SPLDV
            Dalam memenuhi kebutuhan sehari – hari kita dapat menghitung dari masing – masing kebutuhan dengan cara yang mudah apabila diketahui kuantits barang dan nilai keseluruhan dari beberapa macam barang tersebut, dengan mengganti harga barang kebutuhan dengan variabel tertentu dapat diperoleh sebuah persamaan matematika.
Contoh :
Ani membeli 3 buah buku dan 2 pensil dengan harga Rp 11.000,00. Rani membeli 2 buah buku dan 3 pensil pada toko yang sama dengan harga Rp 10.250,00. Tunjukkan persamaan dengan mengganti variabel harga pada buku dan pensil !
Jawab :
Misal harga buku  : a
          harga pensil : b
Model matematika : 

B.     Menyelesaikan Model Matematika dari Masalah yang Berkaitan dengan SPLDV
Masalah sehari – hari dalam matematika adalah soal cerita yang berkaitan dengan SPLDV. Dalam mencari himpunan penyelesaian dari soal cerita dibuat model matematika SPLDV. Kemudian diselesaikan sehingga diperoleh penyelesaiannya.
Contoh :
Selisih dua bilangan adalah 20 dan dua kali bilangan pertama ditambah tiga kali bilangan kedua adalah 100. Tentukan nilai kedua bilangan itu !

Jawab :
Misalkan bilangan pertama : x
                bilangan kedua   :  y  
sehingga

20
Nilai  disubstitusikan ke
2
Nilai  disubstitusikan ke   
Jadi, kedua bilangan itu adalah 32 dan 12.

III.             Metode Pembelajaran
Diskusi Kelompok ( STAD – Student Teams Achievement of Divisions )
IV.             Langkah – Langkah Pembelajaran
Pendahuluan ( 10 menit )
·         Apersepsi :  Mengingat kembali PLDV dan SPLDV.
·         Motivasi    :  Dengan mempelajari materi ini maka siswa dapat mengubah dan menyelesaikan masalah sehari – hari yang berbentuk SPLDV.
Kegiatan Inti ( 60 menit )
1.      Guru membentuk kelompok secara heterogen.( 2 menit )
2.      Guru menyajikan materi pelajaran (20 menit ).
3.      Guru memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota – anggota kelompok. Anggota yang sudah mengerti menjelaskan pada anggota lain sampai semua mengerti. (15 menit )
4.      Guru member kuis / pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak boleh saling membantu. (15 menit )
5.      Guru memberikan evaluasi. ( 8 menit )
Penutup  ( 10 menit )
Guru memberikan kesimpulan

V.                Alat / Media dan Sumber Belajar
Alat / Media :
1.      Buku Paket
2.      Penggaris
3.      Papan Tulis
4.      LKS
5.      Spidol dan Bolpoin
Sumber Belajar
Adinawan, M Cholik.2008.SeribuPena Matematika.Jakarta:Erlangga.
Mujiono.2005.Matematika.Surakarta:Grahadi.
Salamah, Umi.2005.Membangun Kompetensi Matematika 2.Solo:Jatra Grafik.

VI.             Penilaian
1.      Teknik       : Tes Tertulis
2.      Bentuk      : Uraian

                  Instrumen penilaian soal dan kunci jawaban
No.
Soal dan Kunci Jawaban
SKOR
PK
P&K
PM
1.

























2.























3.
Ibu membeli 3 kg gula pasir dan 2 kg telur seharga Rp 25.700,00. Untuk 2 kg gula pasir dan 4 kg telur Ibu harus membayar Rp 35.800,00. Berapakah Ibu harus membayar 2 kg gula pasir dan 2 kg telur ?
Jawab :
Misalkan harga 1 kg gula pasir : x
                 harga 1 kg telur    :  y  
sehingga

 -
 
Nilai  disubstitusikan ke   
Jadi, untuk 2 kg gula pasir dan 2 kg telur ibu harus membayar Rp 21.800,00

Selisih umur ayah dan anak adalah 24 tahun. Setelah 8 tahun umur ayah 3 kali dari umur anaknya. Berapa umur masing – masing ?
Jawab :
Misalkan umur ayah : x
                 umur anak :  y  
sehingga


Nilai  disubstitusikan ke
Nilai  disubstitusikan ke   
Jadi, umur ayah adalah 28 tahun dan umur anak adalah 4 tahun.

Keliling persegi panjang adalah 72 cm. Jika panjangnya 4 cm lebihnya dari lebar, maka berapa panjang dan lebar persegi panjang itu?
Jawab :
Misalkan panjang : p
                 lebar :  l  
sehingga


Nilai  disubstitusikan ke
Jadi, panjang dan lebar persegi panjang masing – masing adalah 20 cm dan 16 cm






2


2



4










2










2


2




4





2








2


2





4


2




Jumlah
30




Nilai Akhir =


Mengetahui,                                                    Barat, 08 Nopember 2010
Guru Pamong                                                              Guru Praktikan



 
Kumala Dewi, S.Pd.                                                    Swasti Maharani
NIP. 19771012 200501 2 004                                                   NPM. 07411 216

3 komentar:

  1. Ciee cagur (baca:calon guru) haha

    BalasHapus
  2. iseng tu pil...hahaha

    maaf baru bales,, baru buka aq

    BalasHapus
  3. How to Play Baccarat - Free Online Casino Game - FEBCASINO
    Playing Baccarat Online is all about winning, and it's the only way 바카라사이트 to win real money at 메리트카지노총판 online 메리트 카지노 casinos. Learn the rules and play for real money at FEBCASINO.

    BalasHapus